Tutorial Flash Sale Lazada

Flash-Sale-Lazada

Tutorial Flash Sale Lazada – Anda pernah ikut Flash Sale Lazada dan selalu berakhir gagal alias tidak dapat apa-apa? Mungkin artikel ini cocok untuk anda. Yup, akhir-akhir ini memang lagi booming Flash Sale yang diselenggarakan oleh salah satu market place terbesar diIndonesia yaitu Lazada. Yang paling populer akhir-akhir ini adalah Flash  Sale Smartphone Xiaomi Redmi 5a.

Flash Sale Smartphone Xiaomi Redmi 5a dimulai pada bulan desember lalu. Total handphone yang saya dapat dari Flash Sale pertama sampai hari ini tadi berjumlah 7 buah ditambah istri saya dapet 3 buah. Jadi semuanya ada 10 buah. Artikel ini saya buat setelah saya cek-cek di twitter Lazada banyak yang tidak dapat apa-apa ketika mengikuti Flash Sale. So, mungkin dengan adanya artikel ini teman-teman bisa mendapatkan pencerahan bagaimana cara yang tepat mendapatkan barang yang diFlashSalekan oleh Lazada,

Step 1 : Pastikan koneksi internet anda memadai alias cepat

Koneksi internet merupakan komponen utama keberhasilan transaksi di Lazada. Tanpa adanya koneksi internet yang bagus maka siap-siap saja barang yang anda minati ditikung sama pembeli lain.

Step 2 : Pastikan anda sudah memiliki akun di Lazada

Jika anda tidak memiliki akun diLazada maka hampir dipastikan anda tidak akan bisa melakukan order barang di Lazada. Karena pihak Lazada mewajibkan pembeli untuk registrasi terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk pembelian barang tanpa melalui Flash Sale.

Step 3 : Login dengan akun anda dan persiapkan alamat pengiriman

Hal yang paling sering terjadi ketika Flash Sale adalah ketika pembeli sudah melakukan registrasi, ikut Flash Sale, barang sudah masuk troli namun ketika berada step pemilihan alamat, alamat pengiriman masih kosong  alias lupa belum menambahkan alamat pengiriman. Ini merupakan kesalahan yang fatal karena menyita waktu beberapa menit  yang tentunya ini membuka peluang pembeli lain merebut barang yang sudah ada dalam troli anda. Perlu diingat, barang yang sudah ada didalam troli anda tidak menjamin itu menjadi milik anda (dalam hal ini Flash Sale). Oleh karena itu persiapkan alamat anda dengan tepat sebelum anda ikut Flash Sale.

Step 4 : Pastikan anda sudah dalam keadaan login

Anda jangan percaya diri dulu ketika anda merasa sudah login beberapa waktu sebelum jam Flash Sale berlangsung. Beberapa kasus yang saya alami (teman saya) sudah merasa login (biasanya dipanel kanan atas tertera nama anda) namun ketika menuju step pilih alamat pengiriman ternyata harus login terlebih dahulu. Hal ini terjadi karena session login diwebsite Lazada sudah habis. So sebelum anda melakukan Flash Sale di menit-menit menjelang dibuka refresh browser anda (disarankan pakai Ctrl+F5)  supaya browser terload dengan baik. Sehingga kita akan tahu apakah session masih ada (masih dalam keadaan login) atau tidak. Saya sarankan untuk logout dan login kembali unutk merefresh session anda.

Step 5 : Jangan terpaku pada jam dikomputer / leptop anda

Ini merupakan salah satu hal yang juga fatal. Kebanyakan orang akan menunggu jam dikomputer / leptop berubah menjadi jam 11:00 baru menuju website lazada. INGAT!! Jam server diwebsite Lazada berbeda dengan dikomputer anda. Jika jam dikomputer anda lebih cepat dari  jam server website Lazada mungkin tidak apa-apa, namun bagaimana jika jam dikomputer anda lebih lambat? Maka anda akan teringgal beberapa detik bahkan menit dari jam Lazada. Cara yang ampuh agar anda bisa tepat adalah semisal Flash Sale akan dimulai jam 11:00 maka sebelum jam 11:00 silahkan refresh broswer anda berulang-ulang kali. Misal dari menit 10:57 silahkan mulai refresh-refresh browser.

Step 6 : Pilih metode pembayaran yang cepat

Setelah barang sudah masuk ke troli anda dan memilih alamat pengiriman, maka anda akan diarahkan ke halaman pemilihan metode pembayaran. Pilihlah metode pembayaran yang tidak memerlukan password OTP untuk transaksi karena akan menyita waktu. Cara yang jitu dan cepat menurut pengalaman saya ada 2 yaitu transfer bank dan kartu kredit. Jika anda memilih pembayaran dengan metode bank pilihlah metode transfer, baik ATM, Mobile Banking atau Online Banking. Jangan menggunakan clickpay atau sejenisnya. Unutk pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart saya pribadi belum mencoba jadi efektifitasnya belum tahu. Sedangkan untuk pembayaran via Kartu kredit, karena saya sudah pernah melakukan pembelian menggunakan kartu kredit maka saya tinggal memasukkan 3 angka verify kode  yang ada dibelakang kartu. Setelah itu tinggal konfirmasi pembayaran, tunggu proses pembayaan dan dinyatakan berhasil jika sudah sukses.

Step 7: Pastikan anda mendapatkan Email dan/atau SMS notifikasi dari Lazada

Jika anda sudah memilih metode pembayaran , mengkonfirmasinya  anda jangan berbahagia dulu sebelum anda menerima notifikasi email atau sms dari Lazada. Status keberhasilan pembelian produk anda dinyatakan berhasil setelah anda menerima notifikasi. Itupun belum 100%, karena apa? Beberapa kasus yang dialami teman saya, dia sudah mendapatkan notifikasi dari lazada yang berisi notifikasi jumlah bayar dan kode pembayaran namun ketika kode pembayaran (Virtual Account) dicek di online banking ternyata tidak bisa dipakai alias barang gagal didapatkan. Faktor keberuntungan memang berlaku pada step ini. Jika anda menggunakan metode transfer bank,alangkah baiknya jika anda sudah mendapatkan notifikasi berupa jumlah bayar dan kode pembayaran, anda cek di online banking untuk mengetahui nomor pembayaran anda valid atau tidak. Jangan lupa, kode pembayaran menggunakan yang anda terima hanya berlaku 24 jam. Jadi pastikan anda transfer sebelum 24 jam dari jam pembelian produk.

Ya itu beberapa Step yang mungkin bisa membantu teman-teman dalam mengarungi pertempuran perebutan Flash Sale Lazada. Segala sesuatu yang bersifat teknis seperti halaman web Lazada lambat atau menemui error 503 saat konfirmasi pembayaran itu merupakan diluar kendali pembali termasuk saya. Artikel ini saya tulis supaya segala sesuatunya terkoodinir dengan cepat dan meminimalisir waktu sehingga barang yang diinginkan dapat diperoleh . Jika terjadi error, lakukan refresh berulang kali. Ketika anda mengikuti Flash Sale, anda berlomba dengan ribuan atau bahkan ratusan ribu orang yang sama-sama memperebutkan barang yang sama, jadi bersabarlah. 😀  Semoga membantu.

loading...

One thought on “Tutorial Flash Sale Lazada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *