Kustom Font pada HTML2PDF

Jika kamu pernah mendapatkan tasking berupa generate PDF dari sebuah konten dinamis, maka kamu tidak akan lepas dari yang namanya PDF Library. Ada banyak library yang bisa kamu coba untuk generate pdf. DomPdf, TCPDF, HTML2PDF dan masih banyak lagi. Kesemuanya memiliki kemiripan dalam hal scriptingnya.  Jadi kalo kamu pernah menggunakan salah satu libary tersebut, tentunya akan mudah bila menggunakan library yang lain.

Dari beberapa library tersebut, tentunya ada font yang digunakan untuk styling konten yang akan kita generate. Namun hanya font-font standar yang tersedia. Saya adalah salah satu pengguna library HTML2PDF yang mana sebenernya library tersebut merupakan class turunan dari TCPDF. Jadi method-method yang ada di TCPDF sudah tentu bisa kita pakai.

Pada kasus kali ini, saya akan memaparkan bagaimana cara menggunakan custom font selain dari default font yang ada diTCPDF. Kalau kamu ingin menggunakan style font berbeda ketika sedang membuat desain grafis, maka kamu cukup cari font yang diinginkan kemudian taruh di folder font windows (pengguna windows). Atau cukup klik kanan pilih Install. Namun berbeda dengan Library Pdf, kita harus generate font tersebut agar support dengan library. Ada 3 file yang harus dipasang ketika akan menambah font baru, yakni file dengan extensi .z, .ctg.z dan .php. 

Bagaimana cara generate ketiga file tersebut?

Yang pertama kamu harus memilih font yang akan digunakan untuk diinstall di TCPDF, usahakan yang ber ekstsnsi .ttf. Kemudian kunjungi situs untuk konversi file ttf ke TCPDF. Lalu upload file font kamu ke situs tersebut.

Jangan lupa beri nama untuk nama font yang akan kamu install di TCPDF. Akan lebih baik jika nama font tidak mengandung spasi atau karakter lain. Setelah upload, akan muncul 3 file yang harus kita download semuanya. Setelah itu cari folder fonts difolder libraray TCPDF kemudian paste-kan ketiga file tadi ke folder fonts. Setelah itu kamu bisa menggunakannya di script.

Penggunaannya pun sangat mudah, tinggal memanggil method untuk mengubah default font-nya.

Selamat koding.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *