Jimpitan

Sebagai orang yang hidup dan bertempat tinggal di desa, tradisi jimpitan masih berjalan dikampung saya. Padahal sewaktu kecil dulu kayaknya saya belum/tidak menemui tradisi ini. Entah dimulai kapan saya sendiri kurang tahu. Seingat saya beberapa tahun silam setelah ada pergantian pengurus RT barulah jimpitan ini diadakan. Tentunya tidak lepas dengan yang namanya jadwal ronda. Jimpitan ini sempat vakum beberapa bulan karena ada “sedikit masalah” di kampung saya.

Bagi yang belum tahu apa itu jimpitan.

Jimpitan adalah tradisi iuran sukarela dalam masyarakat Jawa berupa uang atau beras yang dikumpulkan melalui petugas yang ditunjuk warga. Iuran jimpitan biasanya diletakkan dalam wadah kecil di depan rumah yang nantinya akan diambil oleh petugas yang berkeliling. Pemungutan jimpitan ini umumnya pada malam hari bersamaan dengan kegiatan ronda. Wilayah jimpitan biasanya dibagi berdasarkan Rukun Tetangga.[1]

Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Jimpitan

Tradisi Jimpitan tidak lepas dari petugas yang bertugas mengambil jatah jimpitan pada malam hari, biasanya disesuaikan dengan jadwal ronda pada hari tersebut. Kerepotan yang dirasakan ketika bertugas ambil jimpitan adalah mengingat tanggal hari tersebut, sebab kartu jimpitan dikampung saya tidak ada tanggalnya. Apalagi kalau hari-hari sebelumnya jimpitan tidak diambil selama beberapa hari.

Tradisi jimpitan ini meskipun secara nominal kecil (200-1000 rupiah rata-rata) namun bisa menambah pundi-pundi kas RT lho. Sekali muter jimpitan kurang lebih dapat 15.000 an jika 1 bulan maka 450.000 bisa masuk ke kas RT. Dengan adanya jimpitan, sekarang RT saya sudah bisa membuat tratag dan membeli kursi yang bisa dipakai buat hajatan. Harapanya nanti tratag dan kursi ini bisa disewakan untuk bisa menambah pundi-pundi kas RT.

Berikut ini sedikit script buat generate kartu jimpitan lengkap dengan tanggal, bulan, nama pengambil, nominal dan paraf. Script ini membutuhan library TCPDF unutk generate pdf-nya

 

Unutk demo bisa akses disini. Terus kalau mau download bisa disini . 

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *