RSYNC REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED

rsync

Yang mempunyai banyak server vps pasti anda sangat familiar dengan rsync. Yak, tools keren untuk transfer file ke lain server karena tidak perlu FTP ataupun tools lain apalagi proses zip,download, upload kemudian extract ke server baru (cara kuno gaes).

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami sedikit masalah dengan server VPS saya. Memori selalu penuh sehingga vps sering down. Usut-punya usut ternyata antvirus ClamAv yang merampoknya. ClamAv langsung saya buang dan memory kembali normal. Karena file-file jarang saya backup maka mumpung selo saya menyempatkan untuk backup menggunakan rsync.

Kebetulan saya sedang mencoba mode Trial-nya Alibaba Cloud jadi space disana masih banyak kosong. Akhirnya saya berinisiatif unutk menggunakan server baru saya untuk backup. Untuk mempermudah backup saya menggunkan rsync biar cepet dan praktis.

Backup pertama berjalan lancar. Namun karena suatu hal maka saya harus clean up disk diserver baru. Ketika saya melakukan backup kembali saya menemukan warning “WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED!“. Perlu anda ketahui bahwa proses sinkronisasi file antar server via rsync ini menggunakan RSA key sehingga kita cuma perlu memasukkan password sekali ketika melakukan sinkronisasi. Selanjutnya ketika akan melakukan sinkronisasi, kita cuma memasukkan perintak rsync saja.

Warning itu muncul karena RSA key diserver tujuan tidak sama atau tidak ditemukan sehingga tidak bisa terhubung (hal ini terjadi kartena diserver saya yang baru saya install ulang). Di jendela terminal anda akan menemukan pesan “Add correct host key in /home/xxxxx/.ssh/known_hosts to get rid of this message.” Cara menanggulanginya cukup mudah. Silahkan edit file known_host lalu hapus semua isinya kemudian simpan. Silahkan jalankan proses sinkronisasi. Saya biasa menggunkana perintah ini untuk sinkronisasi.

Selamat mencoba

RSYNC REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top