Twig PHP Template Engine

Twig  PHP Template Engine merupakan template engine untuk PHP developer. Bagi saya Twig ini tergolong ilmu baru karena selama ini saya cuma menggunakan templating secara konvensional saja. Adalah Framework Symfony yang telah menggunakannya terlebih dahulu. Bahkan situs sekelas Shopify pun juga menggunakanya diwebcommerce yang dibangunnya. Disamping cepat, Twig juga mudah untuk digunakan serta memiliki dokumentasi yang cukup lengkap.

Beberapa alasan mengapa Twig bisa digunakan untuk templating diaplikasi web :

  1. Fast
    Twig mengcompile template ke dalam kode-kode php yang teroptimisasi sehingga kondisi overload pada aplikasi website akan direduksi secara minimum.
  2. Secure
    Twig memiliki mode sandbox untuk mengevaluasi kode template. Penggunanya pun bisa dengan leluasa mengubah desain templatenya.
  3. Flexible
    Didukung oleh lexer dan parser yang flexibel yang memungkinkan pengguna untuk mendefiniskan tag maupun variabel sendiri (custom variable)

Twig menggunakan karakter {{ …  }}  untuk mencetak  output ke dalam aplikasi, dan {% … %} untuk digunakan dalam mode operasi (looping, pendeklarasian variabel baru dsb). Contoh penggunaan Twig template didesain template :

Di aplikasi PHP

Di desain template

Untuk proses looping data bisa menggunakan :

Looping di Twig

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*