Drama Moto GP 2015

Drama Moto GP 2015 – Perebutan gelar juara Moto GP 2015 akhirnya dimenangkan oleh pembalap Yamaha nomor 99 Jorge Lorenzo. Lorenzo sukses finish terdepan di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu (8/11/2015) malam WIB disusul oleh pembalap senegaranya Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Sedangkan Valentino Rossi finish diposisi nomor 4. Dengan selisih 5 poin dari Lorenzo, posisi tersebut mampu membuat Valentino Rossi hanya mampu menyabet gelar runner up pada musim kali ini. Sedangkan Marc Marquez menempati posisi ketiga dengan selisih point yang cukup jauh dengan Rossi

Sebelumnya, situasi memanas terjadi sejak race di Sepang, Malaysia (25/10/2015), dimana Valentino Rossi terlibat duel panas dengan Marc Marquez. Sejak awal balapan Rossi dan Marquez terlibat saling serang dan duel panas dengan overtaking yang cukup berbahaya. Marquez cukup membuat Rossi frustasi sehingga pada tengah-tengah race The Doctor sengaja memojokkan Marc Marquez dengan melebarkan posisi dilintasan. Diluar dugaan pembalap asal Italia tersebut malah membuat pembalap muda Marquez jatuh.

Dengan jatuhnya si Baby Alien (Marc Marquez), Valentino Rossi mendapat 3 pinalty point. Sedangkan sebelumnya Rossi sudah mengantongi 1 penalty point. Dengan akumulasi point ini membuat Rossi harus race diposisi paling belakang pada grand race di sirkuit Valencia. Meski sempat mengajukan banding, namun usaha Rossi gagal dan tetap harus start pada posisi paling belakang.

Minggu, 8/11/2015 merupakan hari penentuan siapa gelar juara Moto GP 2015. Dengan selisih  7 point antara Rossi dan Lorenzo tentunya race menjadi seru dan menegangkan. Apalagi hasil kualifikasi menempatkan Lorenzo pada start 1 dan Rossi diposisi 26. Untuk dapat menyabet gelar juara Lorenzo harus menjaga jarak sejauh mungkin dengan Rossi, sebab bukan tidak mungkin pembalap yang sudah pernah menjuarai 7 kali juara dunia Moto GP ini bisa menyalip Lorenzo.

Race benar-benar berjalan dengan sangat menegangkan. Valentino Rossi yang berada diujung race dapat melesat sampai ke posisi 4. Didepannya sudah menunggu Dani Pedrosa yang berada diposisi 3. Sedangkan posisi ke 2 ditempati oleh Marquez yang setia menempel Lorenzo. Dani Pedrosa sempat mengambil alih posisi Marquez namun tak berlangsung lama, Marquez kembali membuntuti Lorenzo. Pada akhirnya Lorenzo tetap finish pertama diikuti Marquez dan Pedrosa. Sedangkan Rossi, yang berjarak 5 detik dengan Lorenzo harus puas finish pada posisi 4. Namun hal itu tetap membuat pembalap dengan nomor 46 itu menjadi runner up.

Menurut pengamatan saya, ada kejadian menarik saat berlangsungnya race ini. Marc Marquez yang berada dibelakang Lorenzo sedikitpun tidak mau berusaha menyalip, seolah-olah Marquez mengawal Lorenzo supaya tidak ada yang nyerobot ke posisi pertama. Sementara Dani Pedrosa yang  berhasil meng-overtake posisi ke dua, dengan sigap langsung diambil alih kembali oleh Marquez. Nah, apakah ada konspirasi diantara mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*