Plugin Jetpack Photon

“We cannot complete this request, remote data could not be fetched”. Jika anda mempunyai blog dengan engine wordpress kemudian menemui gambar-gambar yang ada dalam postingan anda tidak tampil, dan kemudian ketika anda berinisiatif track url gambar anda dan menemui error pesan seperti diatas, kemungkinan anda sedang menggunakan plugin Jetpack dimana fitur Photon diset Active.

Beberapa hari yang lalu saya juga menemui kasus seperti diatas. Saya sempat bingung karena ternyata url gambar saya diarahkan ke sebuah CDN yang mana saya tidak merasa memakainya. Setelah saya search ternyata itu merupakan fitur bawaan dari plugin Jetpack yang beberapa waktu lalu saya update pluginnya.  Saya sama sekali tidak mengetahui kalau ternyata Jetpack memiliki fitur ini karena saya tidak pernah utek-utek plugin ini. Sehingga saya sempat bingung kenapa gambar-gambar dipostingan saya pada corrupt.

Sebenarnya apakah Jetpack Photon itu?
Jetpack Photon merupakan sebuah layanan image accelerator dan editing yang peruntukkan untuk situs-situs yang dihosting pada WordPress.com maupun situs-situs yang terhubung dengan Jetpack. Jetpack Photon ini berguna untuk mengurangi beban saat load gambar diwebsite kita. Jetpack Photon fungsinya mengubah semua link foto maupun image yang ada di website kita yang kemudian akan diarahkan menggunakan Image CDN dari WordPress.com,dengan memakai Jetpack Photon kita bisa menghemat kuota bandwidth hosting dan juga akan mempercepat loading image dari situs kita.

Penggunaanya adalah dengan cara mengaktifkan Jetpack Photon dihalaman setting plugins Jetpack. Apabila ada gambar-gambar yang tidak tampil dan anda masih tetep bingung seperti saya mengenai bagaimana cara menanggulanginya meskipun sudah berulang kali hapus dan upload gambar lagi, maka saya sarankan untuk menonaktifkan fitus Photon ini. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*