Android Oreo Sudah Rilis

Akhirnya generasi penerus Android Nougat sudah lahir dijagat per-gadgetan. Yak, Android Versi 8.0 atau Android Oreo sudah rilis lho.  Setelah kurang lebih setahun proses pengembangan, akhirnya versi ke delapan OS Smartphone populer ini rilis juga. Bertepatan dengan terjadinya gerhana matahari total di belahan bumi amerika sono. Akan ada beberapa fitur menarik yang disuguhkan oleh pengganti Andorid Nougat ini.

Meski versi source code sudah dirilis untuk umum, namun sepertinya untuk mencicipinya kita perlu sedikit bersabar karena harus menunggu sampai OS ini bener-bener siap dipasang di perangkat smartphon kamu. Pihak Google sudah melakukan kerja sama ke beberapa produsen smartphone seperti Samsung, Huawei, Motorola, LG dan Sony agar mereka mengupgrade versi Android pada produk-produk mereka.

 New Features

Andorid Versi 8.0 telang mengusung beberapa fitur yang baru dari pendahulunya. Nah apa saja fitur yang disematkan pada Android Oreo ini?

Picture-in-picture

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka 2 jendela aplikasi secara bersama-sama.

Picture in picture

 

Notification badges

Fitur ini memungkinkan notifikasi berupa bulatan kecil diicon aplikasi yang ada dismartphone kamu. Jika icon aplikasi ditekan beberapa detik maka akan muncul potongan dari isi notifikasi pada aplikasi tersebut.

Notification Badge

Downloadable fonts and emoticons

Untuk pada developer android, pada seri 8.0 ini pengembang memungkinkan untuk mengambil font dan menyimpannya secara lokal sehingga aplikasi lain dapat meminta dan berbagi font.  Hal ini juga berlaku untuk emoji sehingga kita bisa menggunakan lebih banyak emoticon selain yang disediakan oleh perangkat.

Web View

Pada versi ini, para developer android dapat menangani error dan crash yan terjadi karena telah menggunakan multiprocess secara otomatis. Tentunya dari pihak Google sudah menyediakan API baru untuk meng-handle fitur ini.

Font in XML

Sekarang untuk menentukan Font-Family pada sebuah aplikasi yang kita bangun tidak perlu merubah lewat coding di javascript namun cukup merubahnya melalui XML.

Java 8 Language API

Terdapat fitur API baru  pada versi ini yakni java.time from OpenJDK 8 dan java.nio.file serta java.lang.invoke.

Development Area

Sebelum ikut berkecimpung dalam mengembangkan aplikasi android menggunakan versi ini maka disarankan upgrade versi Android Studio kamu ke versi 3.0.  Android Studio versi 3.0 ini selain memiliki dukungan langsung ke bahasa pemrograman Kotlin juga telah mendukung penuh fitur Instant Appsdownloadable fonts, XML Fonts serta adaptive icons.

Sudah tertarik mencicipi Android Oreo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*