Mengintip Fitur Bootstrap 4

Bootstrap 4 – Bootstrap kini telah merilis versi terbarunya yakni Bootstrap 4. Seperti dipaparkan blog resmi Bootstrap, versi ke 4 ini akan ada beberapa fitur baru yang tidak ada pada versi sebelumnya. Bertepatan dengan hari ulang tahun Bootstrap yang jatuh pada tanggal 19 Agustus kemarin, secara resmi bahwa versi beta Bootstrap 4 telah diluncurkan. Fitur baru apakah yang ada di versi 4 ini?

  1. Beralih dari Less ke Sass
    Kompilasi lebih cepat dari sebelumnya berkat Libsass. Bergabungnya Bootsrap dengan komunitas pengembang Sass yang mana diharapkan Libsas akan semakin up to date sehingga fitur-fitur baru akan selalu dihadirkan oleh Bootstrap.
  2. Peningkatan System Grid
    Bootstrap telah menambahkan grid tingkat baru untuk target perangkat mobile yang lebih baik dan merombak total semantic mixins.
  3. Support Flexbox
    Pengembang Bootstrap merubah variabel boolean dan mengkompilasi ulang css untuk hal yang lebih baik. Kini sistem grid bootstrap versi 4 telah berbasis flexbox.
  4. Fitur Cards
    Cards merupakan vitur baru dari Bootstrap. Cards sebenarnya mirip dengan wells, thumbnails, and panels hanya saja Cards lebih baik.
  5. Penulisan ulang plugins Javascript
    Versi terbaru ini pengembang Bootstrap menulis ulang semua kode plugins javascript. Setiap plugins ditulis di ES6 untuk mendapatkan plugins yang lebih baik. Plugins javascript yang terbaru ini telah support UMD, generic teardown methods, option type checking, dan masih banyak lagi.
  6. HTML Reset diubah ke module baru dengan nama Reboot
  7. Kostumisasi Baru
    Fitur seperti gradients, transitions, shadows pada CSS seperti di versi 3, telah dipindah ke Sass. Jika ingin mengubah transisi default pada table, modal box, form dan lain sebagianya atau menonaktifkan sudut yang di rounded? Cukup memperbarui variabel pada Saas dan kompilasi ulang.
  8. Mengentikan support IE8 dan beralih ke unit rem dan em
    Di versi terbaru ini bootstrap sudah tidak support lagi untuk IE8. Dengan demikian maka sudah tidak deperlukan lagi CSS hack dan fallback. Namun jika tetap menginginkan support IE8, pengguna masih bisa menggunakan Bootstrap versi 3.
  9. Fitur auto-placement dari tooltips dan popovers lebih ditingkatkan
  10. Dokumentasi yang lebih baik dari sebelumnya.
    Setiap versi bootstrap selalu disertai dengan dokumentasi yang cukup lengkap. Pada versi ini  pengembang Bootstrap sudah menulis ulang semua dokumentasi dalam Markdown dan menambahkan plugin baru untuk mempermudah penggunaan skrip contoh dan potongan kode agar bisa bekerja dengan dokumentasi. Selain itu fitur pencarian juga ditingkatkan.

Untuk versi Beta ini tentunya masih banyak pengembangan-pengembangan seperti form control, nama class untuk padding dan margin. Apabila anda memiliki waktu luang dan ingin ikut dalam pengembangan Bootstrap versi 4 ini, anda bisa turut serta berpartisipasi di repositori bootstrap di Github.

2 thoughts on “Mengintip Fitur Bootstrap 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*