Gagal start Apache setelah upgrade Windows 10

Beberapa hari yang lalu saya baru saja upgrade windows dari Windows 7 ke Windows 10. Memakan waktu kira-kira 1 jam dengan menggunakan file ISO. Overall lumayan bagus buat saya mulai segi tampilan sampai fitur-fitur baru. Pertama kali setelah upgrade memang terasa berat tapi setelah beberapa kali proses Shut Down Windows terasa ringan.

Namun saya nggak akan bahas maupun mengulas Windows 10, karena mungkin sudah banyak review mengenai sistem operasi milik Microsoft ini. Setelah selesai upgrade windows 10 ini, ternyata webserver saya mengalami crash alias Mas Apachenya gak mau start. Usut punya usut ternyata port 80 yang mana itu merupakan port default Apache telah dipakai oleh Windows 10 untuk menjalankan Services “World Wide Web Publishing Service” dari penjelasannya, services ini digunakan unutk mendukung konektifitas dan administrasi Internet Servis Manager. Saya nggak tau itu fungsinya buat apa, namun sejauh ini saya belum butuh servis tersebut.

Nah untuk mengembalikan port 80 yang dipakai Windows 10 tersebut servis tersebut harus di Stop kemudian diubah dari Otomatis Start ke Manual.
Caranya, buka Services Manager dengan mengetikan services.msc di pencarian aplikasi (klik icon kaca pembesar disebelah logo Windows).

Services Manager

Kemudian cari World Wide Web Publishing Service. Double klik dan akan muncul popup konfigurasi. Klik tombol Stop kemudian di Startup Type pilih opsi manual. Klik Apply atau OK.

Setting Services

 

Silahkan akses localhost diweb browser anda. Jika masih tidak muncul, coba restart Apache anda. Jika masih belum bisa juga,tinggalkan blog ini dan beralihlah ke mbah Google silahkan ajukan pertanyaan dan kesulitan anda ke sana 😀

One thought on “Gagal start Apache setelah upgrade Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*