Fenomena unik dibulan ramadhan

Bulan ramadhan sudah datang kembali. Seperti bulan ramadhan tahun-tahun yang lalu, bulan ramadhan 1436 Hijriah ini tentunya tak jauh berbeda.
Hanya saja tanggal, bulan dan tahun yang pastinya berbeda tiap tahunnnya. Akan tetapi kemurahan Allah dibulan ramdhan ini dalam memberikan ampunan maupun pahala tentunya tetap sama dengan bulan-bulan ramdhan yang akan datang. Itulah kenapa bulan ramadhan selalu dinanti  kedatangannya oleh umat muslim. Karena berkah dan hikmah yang besar berada didalamnya

Nah bulan ramadhan selalu identik dengan beberapa hal yang tidak ada dibulan-bulan lainya. Apa sajakah itu?

  1. Membangunkan Sahur
    Sahur merupakan salah satu sunah sebelum berpuasa. Karena dengan sahur maka kita mempersiapkan asupan makanan sebelum melakukan puasa dihari tersebut. Bahkan disalah satu hadis Nabi disebutkan bahwa didalam sahur itu terdapat berkah. Dibulan ramadhan akan banyak orang-orang yang membangunkan sahur, baik dari pengeras suara masjid maupun alat-alat musik tradisional yang ditabuh mengelilingi kompleks/kampung sambil teriak sahur…sahurrr.
  2. Buka bersama
    Setelah seharian berpuasa, tibalah saatnya berbuka puasa. Kira-kira jam 17:30 adalah waktu untuk berbuka puasa. Diwaktu-waktu inilah akan banyak rumah-rumah makan / resto yang penuh dengan pembeli. Entah mereka yang tak sempat berbuka dirumah atau memang ada acara buka bersama bersama teman-teman atau kerabat.
  3. Petasan/kembang api
    Ramadhan tidak akan ramai tanpa kembang api dan petasan. Sehabis sholat subuh pasti banyak anak-anak kecil yang bermain petasan dipagi hari. Baik petasan besar maupun petasan cabe yang kecil-kecil. Orang-orang dewasa pun juga sama halnya. Potongan-potongan kertas dijalan adalah salah satu ulah mereka. Walaupun berbahaya, ramadhan tanpa ada suara petasan memang kurang menarik.
  4. Munculnya pedagang dadakan
    Ramadhan juga bisa jadi lahan rizki bagi para pedagang makanan kecil. Ketika ramadhan tiba, akan banyak bermunculan wajah-wajah baru pedagang makanan dan minuman. Mereka menjual berbagai makanan untuk berbuka puasa, mulai dari gorengan, jajan pasar, es dawet, es buah dan masih banyak lagi. Hasilnya pun cukup lumayan, cukup untuk digunakan buat mudik lebaran bagi para perantau.
  5. Buku Ramadhan
    Nah siapa yang tak kenal dengan buku ramadhan? Buku yang berisi kegiatan selama bulan ramdhan ini hampir dipastikan selalu hadir mengisi bulan ramdhan. Dengan buku ini anak-anak SD dan SMP disuruh untuk mencatat kegiatan mereka selama bulan ramadhan. Mulai dari puasa, sholat fardhu hingga kegiatan zakat fitrah dan sholat ied pun ada didalamnya. Dari jaman saya SD (kira-kira tahun 1995) sampai sekarang pun saya masih menjumpai buku ramadhan ini. Setelah kultum biasanya anak-anak akan berebut tanda tangan untuk ditorehkan didalam buku ramadhan mereka.
  6. Tadarusan
    Malam setelah sholat tarawih adalah waktu yang tepat untuk tadarusan. Anak-anak dan orang dewasa duduk bersila sambil memegang Al Qur’an. Baik yang bergerombol maupun sendiri-sediri. Suara riuh bacaan Al Qur’an terdengan dimushola-mushola dan masjid. Baik itu pakai pengeras suara maupun tidak.
  7. Jalan-jalan setelah sholat subuh
    Jalan-jalan setelah sholat subuh merupakan hal yang wajib dilakukan setelah sholat subuh, apalagi jika bertepatan dengan hari libur. Setelah sholat subuh dan kultum subuh usai, dijalanan akan banyak ditemui orang-orang yang berlalu lalang yang masih memakai mukena atau pun sarung. Dan diwaktu-waktu inilah biasanya suara petasan terdengar bersahut-sahutan.
  8. Kultum
    Kuliah Tujuh Menit atau sering disingkat kultum adalah ceramah singkat yang disampaikan oleh seorang yang ditunjuk untuk menyampaikan ulasan terhadap agama atau perilaku kehidupan sehari-hari. Biasanya berisi pesan moral dan ajakan untuk selalu meningkatkan kualitas iman umat muslim. Kultum ini biasa dilaksanakan shabis sholat isya, baik sebelum tarawih maupun setelah tarawih. Tak sedikit juga yang menjadwalkan kultum sehabis sholat subuh.
  9. Sholat tarawih
    Ramadhan berarti tarawih, dan tarawih dilakukan dibulan ramadhan. Adalah sebuah perpaduan yang tidak bisa dipisahkan. Karena ciri khas dari bulan ramadhan salah satunya adalah salat tarawih. Meskipun hukumnya sunat, akan tetapi pahala yang besar menanti apabila dilaksanakan.
  10. Macet diruas-ruas jalan tertentu
    Kira-kira jam 15:30 sampai menjelang buka puasa, anda akan menemui banyak ruas-ruas jalan yang macet. Banyaknya pedagang yang menjajakan jajanan berbuka puasa dipinggir-pinggir jalan adalah alasan utama jalan menjadi macet. Jalan jadi sempit dan orang-orang bertaburan ke jalan mencari menu berbuka puasa mereka. Ditambah jam pulang kerja yang lebih awal, menambah parah kemacetan.
  11. Jam kerja /sekolah berkurang
    Dibulan ramadhan kebijakan sekolah pun ikut terpengaruh terutama dijam pulang. Anak-anak sekolah akan pulang lebih awal kira-kira 1 jam. Anak sekolah yang biasanya pulang jam 14:00, jam 13:00 mereka sudah meninggalkan sekolah.
  12. Liburan
    Pada awal ramadhan biasanya anak sekolah akan diliburkan 1-3 hari. Ini dimaksudkan untuk penyesuaian kondisi badan agar terbiasa melakukan aktifitas disekolah selama bulan puasa. Menjelang Idul Fitri nanti anak-anak sekolah juga akan mendapatkan liburan kira-kira 2 minggu. Waktu yang cukup untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.
  13. Mudik
    Jika tarawih identik dengan bulan ramadhan, maka mudik adalah jodohnya lebaran. Dan lebaran merupakan hari setelah ramadhan. Berbondong-bondong orang dari perantauan pulang kampung hanya untuk berkumpul keluarga dirumah dan bermaaf-maafan. Ada yang naik mobil, kereta api, pesawat kapal laut bahkan naik motor. Lebaran merupakan waktu yang sangat pas untuk berkumpul bersama keluarga. Melepas rindu dan rehat sejenak dari aktifitas kantor. Lebaran juga salah satu moment yang pas untuk piknik bareng-bareng keluarga besar.

Itulah beberapa fenomena unik dibulan ramadhan yang tidak biasa kita jumpai dibulan-bulan lain. Semoga dibulan Ramadhan ini kita jadi manusia yang lebih baik dari hari-hari yang lalu. Selamat berpuasa.

Gambar diambil dari : http://www.hariandepok.com/wp-content/uploads/2015/06/mar1.jpg

2 thoughts on “Fenomena unik dibulan ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*